Our Wedding Path ♥

Daisypath Anniversary tickers

Our Baby ♥

Lilypie First Birthday tickers

Wednesday 11 August 2010

Is love worth waiting or we've just got to wait???

Dalam memilih pasangan hidup kita seharusnya tidak boleh terburu-buru dalam memutuskannya. Ada kalanya kitapun harus menunggu waktu yang tepat dalam memutuskannya...biar waktu yang menguji siapakah pasangan hidup yang tepat bagi kita.


Namun dalam mendapatkan pasangan hidup tersebut, kita tidak boleh diam saja karena pasangan hidup tidak tiba-tiba akan jatuh dari langit untuk kita. Kita harus berusaha untuk menjalin persahatan dengan banyak orang dan mendoakan masing-masing dari setiap pribadi mereka yang kita pergumulkan.

Kami dapat mengilustrasikan menunggu dan memilih pasangan hidup kita sama halnya ketika kita menunggu dan memilih sebuah bus. Adapun ilustrasi tersebut adalah:

Ketika kita menunggu bus, ada berbagai macam bus akan datang menghampiri kita, ada banyak penilaian yang kita berikan, dan ada banyak hal yang kita pertimbangkan sebelum kita memilih bus tersebut untuk kita gunakan nantinya...sebagai contoh:




Ketika bus pertama datang, mungkin kita hanya melihat dan mengatakan dalam diri kita sendiri ,"wahhhh...penuhnya...tidak ada tempat kosong lagi deh rasanya". Jadi kita mengatakan kepada diri kita sendiri,"lebih baik rasanya nunggu bus selanjutnya".
Jadi kita membiarkan bus pertama pergi dan kita menunggu bus yang kedua. (=seseorang datang namun tidak ada perasaan apa-apa, bahkan orang tersebut terasa dingin kepada kita...jadi lebih baik menunggu orang kedua datang dalam hidup kita).

Kemudian datanglah bus kedua, ketika kita melihatnya..kitapun berkata,"yaaa...kenapa busnya seperti ini sih?,terlihat begitu tua dan sangat tidak nyaman.". Jadi kita kemudian membiarkan bus itu pergi dan kitapun memutuskan untuk menunggu bus yang selanjutnya datang. (=seseorang yang datang,kita pergumulkan...namun dia tampak terlalu tua/terlalu dewasa/terlalu pintar..kita merasa tidak bisa menjalin komunikasi yang baik dengannya).

Setelah sesaat,datanglah bus yang lainnya...

Kita melihat dan mulai menilai bahwa bus ini lumayan juga, tidak terlalu penuh (seperti bus1) dan tidak juga terlalu tua(seperti bus2) tapi "yah...tidak ada AC nya padahal hari sedemikian panasnya, jadi lebih baik sepertinya nunggu bus yang berikutnya deh..". Jadi sekali lagi, kita membiarkan bus tersebut pergi dan kita memutuskan untuk menunggu bus yang berikutnya.(=seseorang datang, dia serasa ok segalanya..namun kekayaan/kepandaian/statusnya tidak sama dengan kita)

Akhirnya...haripun semakin malam dan gelap. Kita mulai panik dan tanpa berpikir panjang kitapun langsung naik ketika bus berikutnya datang (tidak peduli bus apapun itu). Dan tidak lama kemudian ketika berjalan baru kita mulai menyadari bahwa kita memilih bus yang salah. Jadi, kita telah menghabiskan waktu berjam-jam dan uang untuk menunggu bus yang kita mau! Terlalu banyak hal yang kita pertimbangkan hanya melihat keadaan bus yang ada, tanpa melihat keadaan dalamnya.(=ketika kita didesak oleh keluarga,lingkungan,umur..akhirnya kita tergesa-gesa memilih siapapun dan kita menikah...kitapun berakhir dengan kesedihan karena salah dalam memilih)

Jadi dari ilustrasi diatas kita dapat belajar bahwa:
1. Dalam memilih pasangan hidup kita harus berusaha,bukan hanya menunggu tanpa berbuat apa-apa.Perluaslah pergaulan dan bersahabatlah dengan banyak orang. Dengan bersahabat kita akan bisa memperluas wawasan kita dan cara pandang kita terhadap perbedaan yang ada.

2. Berusahalah untuk tidak menghakimi seseorang dari keadaan luarnya tetapi marilah terus melihat karakter yang dibawanya. Tidak ada manusia yang sempurna didunia ini, semua orang lahir dengan kekurangannya masing-masing. Namun sebagai anak Tuhan marilah kita melihat pribadi orang lain selayaknya Tuhan melihat kita. DIA menghargai keberadaan kita apapun itu.

3. Terus libatkanlah Tuhan didalam setiap pergumulan kita dalam menunggu dan memilih pasangan hidup supaya kita tidak salah. Pendapat kita hanya sejauh pemikiran manusia yang terbatas, namun pendapatNya melebihi pemikiran manusia karena DIA melihat kedalaman hati manusia itu sendiri.

4. Jangan putus asa dalam menunggu pasangan hidup kita. Kitapun dalam menunggu bus mungkin kadang pernah "dicuekkin" oleh bus yang datang meskipun kita ingin sekali menaikki bus tersebut, namun supir bus seakan mengabaikan kita dan meninggalkan kita. Jika memang kejadian tersebut pernah hadir dalam hidup kita, kita menunggu dan memilih seseorang...namun berakhir orang tersebut tidak menanggapi perasaan kita..tetaplah berjuang!! karena dia bukanlah satu-satunya orang didunia ini yang sesuai dengan kita, masih banyak yang lain..namun kita belum ada kesempatan untuk menemuinya. (PS: sabar, bawa dalam doa, terus bergumul, tetap berjuang dan jangan putus asa!!)

5. Berilah kesempatan kepada siapapun pribadi yang datang dalam hidup kita, jangan kita lantaran merasa "sombong" dan merasa bahwa seseorang tidak tepat bagi kita..kita menjaga jarak. Kita tidak akan pernah tahu siapa yang akan menjadi pasangan hidup kita nantinya. Siapa tahu orang yang kita benci ternyata menjadi pasangan hidup kita???. (PS: didalam menjalin hubungan bisa dengan siapa saja, tapi tetap semuanya juga memohon hikmat dariNya supaya kita tidak jauh pada pergaulan yang buruk (1 Kor15:33))

6. Jika kita sudah menyukai seseorang, beranikanlah diri kita untuk mengungkapkannya kepada orang yang bersangkutan. Apabila kita memutuskan untuk menunggu waktu yang tepat, janganlah terlalu lama karena bisa saja akan terlambat..hargailah setiap kesempatan yang ada. Seperti halnya kita menghargai setiap bus yang datang, bukan hanya menunggu yang tepat sampai akhirnya semua bus berlalu dan akhirnya kita mengambil keputusan yang salah.

7. Tetap menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan,keluarga dan sahabat-sahabat karena Tuhan bisa menggunakan berbagai cara untuk mengingatkan kita (baik melalui orang terdekat kita). Namun pendapat mereka hanyalah sebagai masukkan bagi kita, bukan satu-satunya jawaban akhir...karena jawaban akhirnya terletak pada kita (kitalah yang akan menikah,bukan mereka).


PS: Waktu bagi setiap orang untuk menunggu pasangan hidupnya tidaklah sama, jadi bersyukurlah dalam keadaan kita yang ada sekarang dan berusaha untuk tidak membandingkan dengan orang lain^^

0 comments:

Our Journey © 2008 Por *Templates para Você*